PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Selasa, 26 Juli 2011, sebagian besar siswa kelas 8A SMP N 2 Purwokerto mengunjungi perpustakaan sekolah. Tugas kami disana adalah untuk mengamati buku-buku dan juga suasana yang terdapat di dalam ruangan itu.

Sebelum memasuki ruangan, kami diharuskan untuk melepas sepatu kami. Kami pun meletakkan sepatu kami yang sudah dilepas ke dalam rak - rak sepatu yang sudah disediakan. Begitu masuk ke dalam, kami menjumpai sebuah meja yang berukuran cukup lebar yang menghadap ke arah utara. Dari dalamnya, muncul seorang wanita berkerudung yang menyapa kami dengan ramah. Kami biasa memanggilnya Mbak Eni. Dia adalah seorang penjaga perpustakaan.

Menyusuri lebih dalam, kami menemukan satu set peralatan komputer lengkap dengan meja dan kursi yang menghadap ke arah selatan. Di sebelahnya terdapat sebuah rak yang warnanya cukup mencolok. Rak itu menghadap ke arah utara dengan memamerkan majalah - majalah mingguan ataupun bulanan di dalamnya. Di pojok ruangan, kami melihat beberapa buah kardus yang tampaknya berisi banyak LKS. Di sebelah timur dan barat, kami melihat masing - masing empat rak buku yang ditata menyamping menghadap ke arah timur dan barat. Rak - rak di sebelah timur maupun barat sama - sama menyediakan sedikit ruang untuk bergerak di dekat tembok. Rak - rak di sebelah barat berisikan berbagai buku, mulai dari kumpulan foto - foto alumnus SMP N 2 Purwokerto, sampai beragam buku - buku ilmiah. Lain halnya dengan rak - rak di sebelah barat, rak - rak di sebelah timur mayoritas berisikan klipng, novel remaja, dan juga novel horor.

Memandang ke utara dari tengah ruang perpustakaan, kami melihat sebuah pintu bertuliskan 'Reading Room' atau ruang membaca. Di sebelah kanan dan kiri pintu itu, terdapat terdapat sebuah lemari kayu megah, yang ternyata adalah sebuah rak referensi. Kedua rak referensi itu menghadap ke arah selatan. Rak referensi di sebelah timur berisi kamus - kamus berukuran besar. Di atasnya terdapat beragam piala dari beragam perlombaan. Rak referensi di sebelah barat pintu itu berisikan sebagian kamus dan juga buku - buku ensiklopedi. Di sebelah timur lemari yang berada di sebelah barat (di sebelah pintu reading room) terdapat sebuah lemari katalog yang memiliki laci - laci kecil.

Memasuki ruang membaca, kami melihat pemandangan yang kurang enak dipandang mata. Bertumpuk - tumpuk buku berbeda judul tergeletak di sana - sini. Meja - meja dan kursi - kursi pun berada pada posisi yang kurang tepat.

Tiba waktunya kami untuk kembali ke kelas. Ingin sekali rasanya kembali ke perpustakaan sekolah. Buku - buku seakan meminta untuk dibaca. Tak sabar rasanya menunggu saat itu.



Terima kasih Ibu Sri Sumiyati,
Maafkan anakmu yang tak faham arah mata angin ini

Komentar